SEMBAGO – Mengonsumsi sayuran dan buah organik punya banyak manfaat bagi tubuh. Karena saat sayuran dan buah organik dibudidayakan tidak menggunakan bahan kimia baik pada saat pemupukan maupun penyemprotan hama. Untuk mendapatkan bahan makanan organik ini, dibutuhkan pasokan dari supplier sayuran dan buah organik segar.

 

Supplier Sayuran dan Buah Organik

Sayuran organik adalah sayur yang ditumbuhkan tanpa menggunakan pupuk kimia sintetis, pestisida (pembasmi hama), herbisida, bibit tanaman yang direkayasa, dan radiasi tertentu untuk membasmi hama.

Buah atau sayur organik menggunakan pupuk alami yang berasal dari kompos atau kotoran hewan, dan pembasmi hama alami, seperti bakteri pemakan jamur, serangga yang memakan serangga lain, atau minyak tumbuhan.

Supplier sayuran dan buah organik adalah perusahaan yang menyediakan dan menyalurkan berbagai jenis sayuran dan buah organik.

Baca juga: SEMBAGO, Supplier Bahan Makanan Horeca

 

Jenis-jenis Sayuran dan Buah Organik

  • Alpukat
  • Bayam Hijau
  • Bayam Jepang (murashaki)
  • Bayam Merah
  • Beras Organik
  • Brokoli
  • Buncis
  • Cabai Besar
  • Cabai Keriting
  • Pisang Ambon Lumut
  • Tomat
  • Strobery

 

Supplier Sayuran dan Buah Organik

 

Baca juga: Supplier Bahan Baku Restoran Korea di Jakarta

 

Ciri Sayuran dan Buah Organik

  1. Kulit atau Tampak Luar

Sayuran dan buah organik biasanya tak terlalu bagus secara fisik. Biasanya di sepanjang daun atau kulit terdapat lubang sisa-sisa dimakan serangga. Ketika ingin buah dan sayur yang mulus, justru organik secara fisik kurang bagus.

  1. Rasa

Rasa sayur dan buah organik umumnya lebih enak dan manis. Rasanya jauh lebih segar karena tumbuh secara alami, bukan direkayasa atau didorong dengan bahan-bahan kimia.

  1. Kandungan Gizi

Kandungan gizi dan buah organik tentu dua kali lipat lebih baik ketimbang yang bukan. Nilai gizinya jauh lebih baik dan tentu dapat menambah vitamin serta mineral lebih banyak.

Baca juga: Supplier Penyedia Bahan Baku Makanan Jepang

 

Manfaat Sayuran dan Buah Organik

 

Supplier Sayuran dan Buah Organik

 

Manfaat#1. Lebih enak, segar, dan tidak cepat busuk

Sayuran organik rasanya lebih manis, renyah, dan segar. Hal ini karena kandungan air dalam sayur tidak terlalu banyak. Selain itu, kandungan air yang sedikit dibandingkan dengan sayuran non organik membuat sayur organik ini lebih tahan lama dari proses pembusukan. Alasan utamanya adalah karena makanan itu dihasilkan dengan sarana produksi alami. Makanan organik juga sering dijual secara lokal sehingga masih segar.

Manfaat#2. Lebih bergizi dan sehat

Makanan organik tidak dibentuk menggunakan pupuk kimia, pestisida kimia serta bahan kimia lain, sehingga tidak merugikan tubuh manusia. Susu organik memiliki 50-80 persen lebih banyak antioksidan yang mengurangi risiko tumor.

Buah dan sayuran organik, seperti beras, tomat, kubis, bawang, dan selada organikmengandung lebih banyak nutrisi, seperti vitamin, magnesium, fosfor, zinc, dan besi.

Sayuran organik memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi seperti kandungan mineral dibandingkan sayuran non organik. Sayuran yang ditanam secara organik memang sangat menyehatkan bagi tubuh.

Manfaat#3. Tidak mengandung zat kimia

Manfaat sayuran organik ini untuk mencegah/mengurangi masuknya zat-zat kimia dari pupuk buatan maupun pestisida dalam sayuran ke tubuh. Residu atau endapan dari zat kimia tadi bisa membahayakan dan menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker.

Manfaat#4. Menjaga kelestarian lingkungan

Dengan semakin bertambahnya berbagai pencemaran, membuat produksi bahan makanan secara organik telah membantu menjaga dan mengembalikan lingkungan dari polusi tanah, air, dan udara sehingga menciptakan dunia yang aman bagi kehidupan generasi mendatang.