SEMBAGO – Bisnis kuliner Anda akan berjalan dengan lancar jika persediaan bahan baku makanan selalu siap sedia. Ketersediaan bahan makanan menjadi hal mutlak dalam bisnis kuliner karena untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan. Dalam mendapatkan stok bahan makanan tersebut, pengusaha kuliner menjalin kerja sama dengan supplier. Berikut ini akan dijelaskan mengenai supplier daging dan telur berkualitas.

Baca juga: Supplier Sayuran dan Buah Organik Segar

 

Jenis-jenis Daging

  • Daging Sapi

Daging sapi yang baik warnanya merah segar, seratnya halus, lemaknya berwarna kuning, dagingnya keras (elastis).

  • Daging Kerbau

Daging kerbau yang baik warnanya merah tua, seratnya kasar, lemaknya keras, dan berwarna kuning.

  • Daging Kambing

Daging kambing yang baik warnanya merah jambu, seratnya halus, lemaknya keras, dan berwarna putih. Sedangkan dagingnya berbau lebih keras daripada daging sapi.

  • Daging Ayam Broiler

Daging ayam broiler kandungan kolesterolnya rendah dan kaya vitamin B dan mineral, sehingga sangat diperlukan untuk kesehatan sistim syaraf dan pertumbuhan.

 

Baca juga: SEMBAGO, Supplier Bahan Makanan Horeca

 

Jenis-jenis Telur

  • Telur Ayam Negeri

Telur ini merupakan jenis telur yang paling banyak dikonsumsi, berasal dari ayam negeri atau ayam ras yang diternakkan dan biasanya melalui rekayasa genetika. Misalnya dengan pemberian nutrisi pada makanannya atau dengan cara disuntik agar cepat besar. Telur ini memiliki bentuk bulat lonjong dengan warna cokelat dan ada juga yang berwana cokelat keputihan.

Supplier Daging dan Telur

 

  • Telur Ayam Kampung

Telur ayam kampung dihasilkan dari ayam kampung atau ayam yang dipelihara secara alami. Pertumbuhannya lambat sehingga membuat harga ayam dan telurnya lebih mahal dibanding ayam negeri. Telur ayam kampung bentuknya lebih kecil dan berwarna putih, dengan warna kuning telur lebih pekat dibanding telur ayam negeri.

Supplier Daging dan Telur

 

  • Telur Bebek

Dihasilkan dari binatang unggas bebek, telur ini memiliki warna biru muda dan ukurannya hampir sama dengan telur ayam negeri, namun memiliki kandungan protein yang lebih banyak. Warna kuning telurnya juga lebih gelap dan pekat, teksturnya lebih kenyal, baunya lebih amis namun rasanya lebih lezat sehingga harganya pun lebih mahal dibanding telur ayam.

Supplier Daging dan Telur

 

  • Telur Puyuh

Bentuknya mungil hanya sekitar 10 gram saja dan memiliki dua warna yakni putih dan cokelat kehitaman. Tapi jangan remehkan tubuhnya yang mungil, karena faktanya telur puyuh memiliki kandungan gizi yang lebih besar dibanding telur ayam.

Supplier Daging dan Telur

 

  • Telur Angsa

Telur ini berasal dari angsa, masih satu keluarga dengan bebek yakni binatang unggas berjenis itik-itikan dengan bentuk lebih tinggi dan besar dibanding bebek. Begitupun dengan telurnya, memiliki bentuk yang lebih besar dibanding telur bebek dan ayam, dengan warna putih bersih. Telur ini sangat baik dikonsumsi ibu hamil karena mengandung asam folat yang baik untuk kesehatan janin.

Supplier Daging dan Telur

 

  • Telur Penyu

Telur ini asalnya bukan dari unggas, melainkan dari binatang jenis amphibi yakni penyu, yang banyak ditemukan di laut. Sekali melahirkan penyu dapat menetaskan telur yang banyak hingga lebih dari 100-150 telur.

Supplier Daging dan Telur

 

Baca juga: Supplier Bahan Baku Restoran Korea di Jakarta

 

Menentukan Supplier Daging dan Telur

  1. Harga Bersaing

Harga merupakan hal yang sangat menentukan dalam perubahan manajemen keuangan Anda. Harga produk olahan Anda akan menjadi sangat tinggi jika harga daging dan telur dari supplier sudah begitu tinggi. Imbasnya akan dirasakan secara langsung oleh konsumen Anda. Bisa saja para konsumen jadi semakin penuh pertimbangan ketika hendak membeli produk kuliner Anda dikarenakan harganya yang lumayan tinggi.

Harga juga menjadi salah satu yang mempengaruhi minat beli para konsumen, maka sebaiknya Anda memilih supplier dengan harga yang kompetitif, sehingga Anda pun dapat menjual produk makanan Anda dengan harga yang bersaing pula.

  1. Punya Tanggung Jawab terhadap Produk

Terkadang ada saja hal-hal kecil dalam proses pemesanan sampai pengiriman yang dapat membuat daging tidak sesuai dengan kriteria yang Anda pesan. Untuk itu, supplier harus mempunyai tanggung jawab jika ada barang yang tidak sesuai dengan order, jadi Anda dapat melakukan retur kepada supplier.

  1. Responsif

Ramainya usaha kuliner Anda kerapkali membuat Anda kehabisan stok bahan makanan, sehingga tak ada solusi lain selain mengubungi pihak supplier bahan makanan pada saat itu juga demi mencegah kekecewaan yang bisa terjadi pada pelanggan Anda.

  1. Repeat Order

Supplier yang profesional adalah supplier yang mengutamakan kerjasama jangka panjang, dan Anda sebagai mitranya dapat melakukan repeat order ketika membutuhkan produknya lagi. Agar terjalin kerjasama yang menguntungkan bagi kedua belah pihak, Anda juga harus bisa melakukan repeat order dengan mendapatkan harga yang lebih murah dari pembeli eceran.

  1. Kualitas Produk

Kualitas produk merupakan hal penting yang harus dipenuhi dalam menilai layak tidaknya supplier bahan makanan yang menjadi mitra bisnis Anda. Makanan yang lezat dan bergizi pastinya berawal dari kualitas bahan mentah yang akan diolah.