SEMBAGO – Mahalnya harga sembako membuat masyarakat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Melambungnya harga sembako mengakibatkan menurunnya daya beli masyarakat. Banyak faktor yang mempengaruhi tingginya harga sembako. Dalam situasi seperti ini, SEMBAGO justru menjual bahan makanan murah dan berkualitas.

SEMBAGO adalah unit bisnis milik Darta Corporation yang membantu para petani menjualkan hasil produk mereka langsung ke tangan konsumen. Dengan cara ini, SEMBAGO telah berhasil memutus rantai distribusi makanan melalui tengkulak, sehingga harga sembako dapat dijangkau masyarakat dengan kualitas produk yang tetap terjaga.

Baca juga: Terbongkar, Mengapa Harga Bahan Makanan Jadi Mahal

Berdasarkan hasil survei Institute for Development of Economics and Finance (Indef), petani hanya menikmati 40 persen keuntungan dari hasil panennya. Sedangkan, 60 persennya milik tengkulak. Faktor keterikatan petani dengan tengkulak menjadi salah satu penyebab petani lebih suka menjual produknya kepada tengkulak.

CEO dan Founder SEMBAGO, Moses Pangeran Lukman mengatakan, salah satu penyebab melonjaknya harga bahan makanan adalah karena rantai distribusi makanan masih melalui tengkulak. “Dengan memutus rantai distribusi melalui tengkulak, petani bisa meningkatkan produksinya dan masyarakat pun tetap bisa membeli bahan makanan dengan harga yang murah,” kata Moses.

Baca juga: Bukan Ikut Tren, Startup SEMBAGO Usung Misi Nasionalis

SEMBAGO tak hanya memberikan bahan makanan dengan harga yang murah kepada masyarakat di Tanah Air, tetapi juga siap melayani ekspor komoditi pangan ke berbagai negara.

Jenis Pangan yang Disediakan SEMBAGO

  • Sayuran segar
  • Buah-buahan
  • Daging
  • Telur
  • Seafood
  • Bumbu dapur
  • Makanan beku olahan (frozen food), dan sebagainya.

Baca juga: SEMBAGO, Menuai Manisnya Bisnis Agraris

Tips Memilih Bahan Makanan yang Berkualitas

1. Sayuran

Sayuran berwarna hijau dan segar, tidak layu, tidak pucat, tidak berbau/berlendir, dan tidak keriput.

2. Buah-buahan

Buah yang baik adalah yang kematangannya sedang, baunya harum, kenyal dagingnya, dan rasanya tidak asam atau sepat.

3. Daging

Pilih daging sapi yang berwarna merah, tidak kebiruan, lunak, dan seratnya halus. Kandungan gizi daging sapi terbilang kaya sehingga mampu memebuhi kebutuhan gizi tubuh.

4. Telur

Telur yang baik kuning telurnya masih utuh dan baunya tidak busuk. Telur termasuk bahan makanan yang bersifat universal artinya banyak dikonsumsi hampir semua warga di planet bumi ini. Selain harganya murah, mudah didapat, rasanya enak.

5. Seafood

Seafood yang segar terlihat bersih dan bebas serangga, Ikan segar memiliki aroma seperti laut, tidak berbau amis menyengat, lembab, tidak amis menyengat, dan warnanya khas/segar.

6. Bumbu dapur

  • Bawang merah: cari bawang merah yang masih keras, tanpa noda hitam dan tidak basah.
  • Bawang putih: bawang putih yang bagus memiliki bentuk yang keras dan berwarna putih gading. Aroma bawang putih satuan juga biasanya lebih kuat daripada yang berkelompok.
  • Cabai merah: pilih cabai yang bentuknya lurus dan berwarna merah terang. Cek pula batangnya. Pastikan batangnya masih segar dan melekat sempurna pada cabai.
  • Lengkuas: untuk mengetahui lengkuas yang bagus, Anda perlu menekannya. Lengkuas yang bagus tidak kering, tidak terlalu keras, tapi juga tidak terlalu lembek atau busuk.

7. Makanan beku olahan

Kondisi kemasan frozen food masih dalam kondisi baik, susunan produk masih bagus, serta pressing dari kemasan masih terjaga.