SEMBAGO – Membuat bisnis startup bukan berarti harus selalu menciptakan produk atau service yang sama sekali baru. Seperti SEMBAGO misalnya, startup rintisan Darta Corporation yang resmi didirikan pada tahun 2017 ini, hadir sebagai jalan keluar permasalahan yang sering dialami oleh masyarakat dan para petani dalam hal jual beli dan distribusi bahan pangan. Dan hasilnya, SEMBAGO pun telah berhasil menuai manisnya bisnis agraris.

Telah berjalan selama kurang lebih satu tahun, SEMBAGO sukses mengantongi omzet minimal Rp 280 Juta per bulan, dan memiliki puluhan customer setia mulai dari HOREKA (Hotel, Restoran, Kafe), hingga perusahaan multinasional di berbagai sektor industri, seperti Djarum, Orang Tua Group, So Good Food, Kempinski, Munifarma Indonesia, Nutrifood, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Pangeran Turun Gunung Mengurus SEMBAGO Secara Langsung

Keunggulan layanan SEMBAGO

Ada yang berbeda dari startup yang digawangi oleh Moses Pangeran Manalu ini. SEMBAGO bukan hanya dibuat sebagai mesin pencari uang mandiri, namun juga sebagai bentuk tanggung jawab sosial akan kesejahteraan para petani Indonesia. Moses mengerti betul peranan sektor agraris bagi PDB (Produk Domestik Bruto) nasional, yang memberi kontribusi terbesar kedua terhadap PDB, yakni sebesar 13,45 persen.

Oleh karena itu, SEMBAGO bukan hanya bergerak sebagai penjual hasil panen para petani seperti kebanyakan startup sejenis. SEMBAGO mengembangkan layanannya menjadi seperti berikut:

1. Food supplier

Layanan utama yang sangat digemari adalah sebagai penyedia bahan pangan atau food supplier bagi segment B2B maupun B2C. SEMBAGO menyediakan produk yang langsung diambil dari para petani dan peternak mitra SEMBAGO, sehingga harga stabil dan lebih murah, serta dapat memastikan kesegaran dan ualitasnya agar selalu terjaga sampai ke tangan konsumen.

Baca juga: Bukan Ikut Tren, SEMBAGO Usung Misi Nasionalis

SEMBAGO membantu para pemilik bisnis di bidang kuliner dan penyedia layanan makanan (HOREKA), dengan memberikan pilihan produk yang beragam dan berkualitas premium. SEMBAGO juga membantu masyarakat Indonesia dalam mendapatkan kemudahan berbelanja dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang terjaga.

Bukan hanya memudahkan masyarakat dan pebisnis di Indonesia untuk mendapatkan bahan pangan yang murah, mudah dan berkualitas. SEMBAGO juga dapat melayani permintaan ekspor komoditi pangan ke berbagai negara.

Adapun jenis pangan yang dapat di sediakan oleh SEMBAGO meliputi:

  • Sayuran segar
  • Buah-buahan
  • Daging
  • Telur
  • Seafood
  • Bumbu dapur
  • Makanan beku olahan (frozen food), dan sebagainya.

2. Training and Coaching

Seperti yang dikatakan sebelumnya, SEMBAGO memang bercita-cita sebagai garda pangan nasional. Hal tersebut diwujudkan melalui salah satu layanannya yang bergerak pada bidang pelatihan dan pembinaan kepada para Mitra Petani SEMBAGO yang saat ini telah mencapai 30 Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN). Masing-masing GAPOKTAN memiliki anggota 7-8 petani.

SEMBAGO menyediakan training bagi para petani dan peternak Indonesia agar dapat meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan, serta melakukan pembinaan yang menyeluruh dan berkelanjutan kepada mitra petani dan peternak SEMBAGO, agar menghasilkan produk yang berkualitas.

3. Food Processing

Tidak berhenti sampai di situ, SEMBAGO pun memanjakan para konsumennya dengan layanan tambahan berupa pengolahan makanan (food processing), seperti pemotongan daging, buah dan sayuran sesuai permintaan, pengemasan makanan, pembekuan makanan, dan metode lainnya.