SEMBAGO – Bisnis kuliner merupakan salah satu peluang usaha yang banyak diminati berbagai kalangan. Karena bisnis kuliner memiliki prospek yang cerah dan tidak ada matinya. Bagi Anda yang hendak atau ingin mengembangkan bisnis kuliner, sebaiknya Anda ketahui 5 rahasia sukses berbisnis kuliner di bawah ini.

Baca juga: SEMBAGO, Menuai Manisnya Bisnis Agraris

 

1. Memiliki Konsep yang Menarik

Di dalam bisnis apa pun, sebuah konsep menarik menjadi nilai tambah tersendiri dalam bisnis tersebut. Tidak terkecuali di dalam bisnis kuliner. Justru di dalam bisnis kuliner konsep yang menarik menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Oleh karena itu sebelum Anda memutuskan untuk membuka bisnis kuliner, sebaiknya Anda memikirkan konsep semenarik mungkin dan usahakan konsep tersebut original yang berbeda dari bisnis kebanyakan.

Konsep yang membuat seseorang penasaran dan bertanya-tanya produk apa yang dijual, apa keunikan dari produk tersebut, dan pelayanan seperti apa yang ditawarkan. Dengan demikian Anda akan mudah menjaring konsumen.

2. Menentukan Target Pasar

Setelah Anda memiliki konsep yang menarik, maka langkah selanjutnya adalah menentukan target pasar. Memang target pasar di dunia kuliner sangat luas, namun jika ditentukan lebih spesifik maka Anda akan dengan mudah menentukan tujuan selanjutnya.

Contoh, jika Anda membuka bisnis kuliner di area kampus, maka target pasar Anda adalah mahasiswa. Jadi, Anda dapat membuka restoran dengan harga yang terjangkau dan memiliki fasilitas yang menunjang mahasiswa untuk berlama-lama di tempat Anda.

Penentukan target pasar adalah penting agar Anda dapat menentukan kemana arah bisnis Anda dan inovasi apa yang harus Anda lakukan, serta perkembangan apa saja yang saat ini populer di kalangan target pasar Anda.

3. Berinovasi dengan Baik

Dalam menghadapi persaingan bisnis, Anda perlu berinovasi. Jangan melakukan atau membuka bisnis yang sama persis dengan bisnis orang lain, mungkin jika ingin meniru maka lebih baik mengambil konsep Amati, Tiru, Modifikasi (ATM).

4. Lokasi yang Strategis

Membuka bisnis kuliner di lokasi yang strategis adalah hal penting yang sangat mendukung suksesnya bisnis Anda. Karena dengan lokasi yang strategis, bisnis kuliner Anda akan mudah dijumpai calon konsumen ataupun pelanggan.

5. Harga yang Terjangkau 

Jika bisnis kuliner Anda ingin sukses, hal yang bisa Anda lakukan adalah memberikan harga yang terjangkau dengan kualitas produk dan layanan terbaik. Dengan begitu Anda punya alasan kuat untuk membuat konsumen membeli produk Anda.

6. Supplier bahan baku

Memiliki supplier tetap yang dapat memasok semua bahan baku produksi setiap harinya sangat dianjurkan guna kelancaran proses produksi. Selain bisa mendapatkan harga relatif murah, Anda bisa diprioritaskan bila suatu saat bahan baku yang Anda butuhkan langka di pasaran. Pilihlah supplier bahan baku makanan dengan harga terjangkau dan produk yang berkualitas.

Baca juga: Cara Mudah Membeli Bahan Baku Makanan untuk Bisnis Kuliner

Jenis Restoran yang Populer untuk Bisnis Kuliner

Jika Anda ingin membuka atau mengembangkan bisnis kuliner, berikut ini referensi mengenai beberapa jenis restoran yang bisa Anda terapkan pada bisnis kuliner.

1. Fast Food

Fast food adalah jenis bisnis restoran yang paling akrab bagi kebanyakan orang. Restoran makanan cepat saji ini menarik para pelanggan dari segi kecepatan penyajian dan kenyamanan.

Restoran cepat saji biasanya berupa franchise. Jika Anda berpikir untuk membuka waralaba resto cepat saji, perlu diingat bahwa modal awal waralaba dapat lebih mahal daripada membuka restoran sendiri.

2. Fast Casual

Jenis bisnis restoran fast casual adalah konsep yang relatif baru namun sedang naik daun saat ini. Restoran kasual cepat menawarkan kualitas harga, menu, dan suasana yang sedikit lebih mewah daripada resto cepat saji. Biasanya, resto fast casual memungkinkan pelanggan bisa melihat proses makanan mereka dibuat.

3. Restoran Keluarga

Jenis restoran ini adalah salah satu pasar terbesar di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Restoran keluarga menawarkan rentang pilihan menu makanan beragam, mulai dari perpaduan masakan klasik, menu individual dengan saus-saus spesial, hingga variasi pilihan saus celupan dan topping ekstra, semua dengan harga yang cukup terjangkau.

4. Kafe atau Bistro

Kafe adalah konsep restoran yang tidak menawarkan layanan meja. Jadi, pelanggan memesan makanan dari konter kasir dan membawa pesanannya ke meja masing-masing dari konter pengambilan makanan. Menu makanan di kafe lebih mengarah ke produk bakery, seperti sandwich, pastry, cake, dan kopi atau teh. Kafe dikenal dengan atmosfer restoran yang intim dan santai. Sebuah kafe juga biasanya menawarkan tempat duduk di luar ruangan.

Sementara itu, walau hampir mirip dengan kafe dalam hal menyajikan beragam pilihan sandwich, pastry, dan kopi/teh, bistro juga menyajikan pilihan makanan yang lebih berat, misalnya salad, cordon bleu, atau pasta.

5. Food Truck

Satu lagi konsep restoran yang sedang naik daun adalah food truck. Food truck populer karena beragam alasan, mulai dari modal awal yang tidak begitu mahal, biaya tenaga kerja murah, dan cenderung praktis. Keuntungan lain termasuk mobilitas, Anda bisa memindahkan restoran Anda di manapun pelanggan berada. Namun memulai usaha truk makanan sendiri tetap membutuhkan banyak persiapan yang sama, seperti membuka kavling restoran baru, terutama di tahun-tahun pertama.

6. Buffet (Prasmanan)

Sejak pertama kali populer di Indonesia, konsep buffet masih terus menjadi salah satu pilihan resto yang paling populer bagi banyak orang. Resto prasmanan memiliki konsep “sel-service”, di mana pelanggan dapat memilih dan mengisi ulang piring makannya sendiri dari beragam pilihan makanan yang disajikan di atas meja.

Resto prasmanan adalah salah satu jenis bisnis restoran yang meliputi penyediaan katering. Jika Anda membuka resto buffet, Anda dapat menawarkan layanan prasmanan untuk acara-acara khusus atau sebagai promosi restoran.

7. Pop Up Restaurant

Jika Anda sedang mencari cara untuk membuka restoran tanpa komitmen jangka panjang, restoran pop up adalah salah satu solusinya. Daya tarik dari pop up restoran adalah investasi waktu dan uang yang minimal. Sifat jangka pendek dari pop up resto juga memungkinkan koki memiliki kebebasan dan kreativitas total di dapur.

Restoran pop up memiliki konsep layaknya pasar kaget, yang dapat muncul di tempat dan waktu yang tidak Anda duga sebelumnya, seperti di taman, parkiran gedung tua, atau festival makanan. Para pebisnis truk makanan biasanya memanfaatkan sosial media untuk mengumumkan kapan dan di mana truknya akan berhenti.

8. Fine Dining

Konsep restoran fine dining mengingatkan kita pada restoran kelas atas, dengan meja-meja beralaskan taplak sutra putih halus, diterangi cahaya lampu chandelier, dan pelayan berseragam rapi dan resmi. Restoran fine dining menawarkan suasana elegan dan pelayanan berkualitas top untuk pengunjungnya.

Para koki di restoran fine dining biasanya merupakan profesional yang terlatih belasan hingga puluhan tahun di bidangnya. Dan walaupun harga makanannya termasuk cukup mahal, tapi pengalaman bersantap di resto fine dining setimpal dengan kualitas rasa dan bahannya.

Setelah Anda mengetahui enam rahasia sukses berbisnis kuliner dan sejumlah referensi restoran, Anda bisa memulai atau mengembangkan bisnis kuliner Anda dengan lebih percaya diri serta siap menghadapi persaingan bisnis yang kiat ketat.